Beberapa Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Yodium

 Tanaman yodium, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa manfaat tanaman ini sangat banyak dan akan membantu kehidupan sehari-hari Anda. Tanaman yodium ini telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati luka akibat jatuh, seringkali pada anak-anak. Orang tua sering menggunakan obat tradisional ini.

Tanaman yodium sendiri memiliki banyak zat seperti HCN, saponin, alkaloid, betasitusterol. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, terutama pada iklim dataran rendah dengan suhu panas 30-35 C. Dengan ciri-ciri pohon akar tunggang yang dapat mencapai kedalaman 1-2 meter dalam permukaan tanah, daunnya berbentuk bintang dan daunnya bercabang, memiliki biji di ujung dari daunnya berwarna merah serta batang kayu berbentuk bulat. Keseluruhan tumbuhan ini memiliki getah yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka luar pada tubuh kita.

Manfaat Kesehatan Dengan Tanaman Yodium

Nama latin tanaman yodium adalah jatropha multifida masuk dalam famili euphorbiaceae walaupun daunnya menyerupai daun pepaya. Bagi anda yang mempunyai tanaman yodium, dapat menggunakannya sebagai obat alami untuk mengobati luka luar. Cukup mengambil tanaman ini, buah atau daunnya, kupas buahnya atau petik batangnya, setelah cairan getah keluar, segera oleskan pada luka yang baru. Manfaat dari mengoleskan getah tanaman yodium ini adalah untuk meghambat perdarahan dan juga mencegah terkena infeksi.

Awalnya memang terasa sangat nyeri, namun lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya, hal ini dikarenakan getah bereaksi saat ada kontak langsung dengan luka yang menganga. Setelah dioleskan, luka akan cepat sembuh dan mengecil, kemudian obati luka dengan antiseptik hingga luka benar-benar sembuh.

Lalu, Apa Saja Manfaat Dari Tanaman Yodium Ini? Simak Ulasan Berikut:

Perlu di ketahui bahwa daun ini sangat bermanfaat dalam pengobatan berbagai aspek, seperti:

  • Mengobati Tulang Terkilir

Pernahkah Anda berpikir bahwa tanaman yodium dapat menyembuhkan tulang yang terkilir. Biasanya dilakukan dengan cara mengambil sekurang-kurangnya 10 lembar daun yodium yang masih muda, mencuci bersih daun tersebut, lalu tumbuh daun tersebut hingga halus dan kemudian mengoleskannya pada bagian yang terkilir.

  • Mengobati Kebengkakan

Untuk mengobati bengkak ini caranya sama dengan saat mengobati tulang terkilir di atas. Namun bila bengkaknya ada di area wajah, mungkin berhati-hatilah saat mengaplikasikannya di wajah, jangan sampai mengenai organ penting seperti mata atau telinga bagian dalam.

  • Mencegah Kerusakan Gigi

Kesehatan gigi tentu saja sangat penting bagi setiap orang, khususnya dalam rangka menjaga kemudahan makannya di hari tua. Dalam hal ini, daun yodium juga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi. Dengan daun tersebut, berbagai kemungkinan kerusakan yang dialami oleh gigi bisa diminimalisir.

Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang cukup dengan mengambil daun yodium secukupnya dan haluskan, jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih terlebih dahulu lalu campurkan dengan air hangat. Gunakan untuk berkumur 3-4 kali sehari selama 3 menit.

  • Mengobati Luka Luar

Getah tanaman yodium ini dapat digunakan sebagai antimikroba terutama untuk pengobatan pada luka terbuka seperti lecet, luka sayat, benda tajam dll. Caranya, ambil setangkai tanaman yodium kemudian mengoleskan getahnya ke daerah yang terkena luka ringan. Mungkin awalnya akan terasa perih namun luka Anda akan segera mengering.

  • Mengobati Demam

Kesehatan tentu saja sangat penting bagi setiap orang, tanaman yodium ini juga dapat digunakan untuk anak-anak yang sedang mengalami demam. Caranya ambil minimal 10 lembar daun lalu cuci bersih terlebih dahulu kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air lalu oleskan pada kening anak anda.

  • Mengobati Bengkak Dan Sebagai Anti Inflamasi

Disebut juga anti inflamasi atau pembekaan gondok, daun yodium ini juga bisa megatasinya. Cara mengobatinya dengan cara menumbuk beberapa lembar daun yodium lalu dioleskan pada bagian leher yang terdapat gondok atau peradangan dalam.

Mengingat manfaat yang baik dari tanaman ini, Anda mungkin bisa menanamnya di kebun Anda atau di dalam pot, jadi jika ada anggota keluarga yang terluka ringan, Anda bisa memilih tanaman tersebut untuk pertolongan pertama. Menanam tanaman yodium semudah menanam pohon singkong. Anda bisa menanam benih atau meletakkan batang pohon di tanah.

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat tanaman yodium yang dapat disampaikan, semoga dapat membantu anda dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari anda.

Tidak ada komentar untuk "Beberapa Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Yodium"