Fakta Mengenai Bunga Desember Dan Manfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mungkin bunga desember termasuk bunga yang sering kita lihat, namun kita tidak tahu apa namanya. Bunga desember berbentuk bulat seperti bola tetapi kelopaknya seperti duri. Jika dilihat sekilas, bunga ini terlihat seperti bunga dandelion merah versi raksasa. Bunga ini bukanlah salah satu bunga yang membutuhkan banyak perjuangan untuk merawatnya. Merawat bunga desember sangatlah mudah, namun masih jarang orang yang memelihara bunga ini.

Mengapa Disebut Bunga Desember?

Mengapa bunga ini disebut bunga desember? Di Indonesia bunga ini mekar pada akhir tahun yang bertepatan dengan musim hujan. Mereka mulai mekar dari bulan november. Kemudian puncak mekar bunga ini adalah bulan desember. Pada bulan desember, semua bunga tanaman ini menampilkan keindahan warna-warna cerah pada saat bersamaan. Hal tersebutlah yang membuat tanaman ini di sebut bunga desember. Habitat asli bunga ini adalah afrika tropis. Berbeda dengan Indonesia, bunga ini belum tentu berbunga mekar di bulan desember. Di seluruh dunia, bunga ini dikenal sebagai bunga blood lily.

Klasifikasi Bunga Desember (Blood Lily)

  • Kingdom : Plantae
  • Filum : Tracheophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Asparagales
  • Famili : Amaryllidaceae
  • Genus : Scadoxus
  • Spesies : Scadoxus multiflorus
  • Sub-spesies : S. multiflorus katharinae

Bunga desember atau dikenal sebagai bunga blood lily ini mempunyai nama ilmiah scaduxus multiflorus dan ditemukan di berbagai negara seperti afrika, arab saudi, oman, yemen, dan sychelles. Di dalam bunga desember ini terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti luka bakar, infeksi, peradangan dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat bunga desember, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Bunga Desember

Untuk manfaat, bunga ini terdapat banyak kandungan seperti saponin, flavonida dan polifenol yang berkhasiat sebagai obak luka bakar. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menghaluskan bunganya yang masih segar kemudian dioleskan ke bagian luka. bunga ini mengandung polifenol, sehingga luka bakar cepat mengering. Selain itu, kandungan polifenol yang terkandung dalam bunga ini aktif membunuh kuman penyebab infeksi. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat bunga desember ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Mengobati Luka Bakar

Bermanfaat untuk mengobati luka bakar. Dengan menghaluskan bunga ini, menggunakan secara rutin dan teratur maka luka bakar yang terdapat pada tubuh akan kering dan sembuh, karena kandungan di dalam bunga ini terdapat saponin, flavonoida dan polifenol yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

2. Membunuh Kuman

Manfaat lainnya dari bunga ini juga bisa membunuh kuman. Kuman merupakan organisme yang sangat kecil namun, bisa menyebabkan penyakit dan infeksi bila mereka masuk ke dalam luka tubuh. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan menggunakan bunga ini, karena kandungan polifenol di dalam bunga ini berperan penting untuk membunuh kuman di dalam tubuh.

3. Mencegah Infeksi

Infeksi bisa disebabkan oleh berbagai macam gangguan seperti mengalami cedera yang tidak mendapatkan penanganan atau tidak segera di obati. Tentu, hal ini bisa menyebabkan infeksi tubuh. Untuk itu, cara mencegahnya hanya dengan menggunakan bunga ini, kandungan polifenol dalam bunga ini memberikan efek alami yang sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi luka tubuh.

4. Mengatasi Peradangan

Bunga ini juga mempunyai manfaat untuk mengatasi peradangan. Umumnya peradangan biasa terjadi karena faktor cuaca yang tak menentu sehingga, hal itu akan mempengaruhi suhu tubuh dan terjadi peradangan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi bunga ini sebagai minuman. Kandungan yang ada di dalam bunga ini sangat berperan penting untuk mengatasi peradangan.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Bunga desember juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Luka bisa terjadi kepada siapa saja, hal ini di akibatkan karena terjatuh ataupun tergores benda tajam. Untuk mengatasi hal tersebut dapat di cegah dengan memanfaatkan bunga ini, kandungan dalam bunga ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Cara Menanam Bunga Desember

  1. Siapkan umbi. Saat mencabut umbi harus ditangani dengan hati-hati. Umbi dengan berkualitas tinggi adalah umbi yang bebas cacat, mengkilap, matang, dan berukuran besar. Umbi berkualitas akan menghasilkan bunga terbaik. Setelah Anda mendapatkan umbi berkualitas, bilas umbi tersebut secara menyeluruh dengan air mengalir. Simpan umbi yang sudah dibersihkan di ruangan gelap dan bersih selama beberapa hari agar mendapatkan tumbuh tunas.
  2. Seperti bunga lavender, bunga Desember menyukai tanah yang gembur. Anda bisa mencampurkan kompos, pasir dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Setelah tercampur rata, usahakan untuk menyaring media tanam. Hal ini dilakukan untuk membuat media tanam lebih halus atau lunak. Jangan lupa untuk memindahkan media tanam ke polybag. Pastikan polybag terisi penuh dan padat akan media tanam bahkan ketika sudah disiram air.
  3. Pindahkan umbi ke polybag. Usahakan pada sore atau pagi hari saat penanaman dilakukan. Pastikan umbi tertutup rapat dan sempurna dengan media tanam.
  4. Penyiraman merupakan salah satu langkah perawatan. Penyiraman sebaiknya tidak sering dilakukan. Untuk bunga desember, sehari sekali sudah cukup.
  5. Setelah tumbuh batang, pindahkan ke pot yang lebih besar. Jangan lupa menyirami tanaman dengan sedikit pestisida dengan dosis rendah pada tanaman.
  6. Pemberian pupuk organik NPK juga diperlukan.

Banyak orang mungkin tidak mengetahui fakta tentang bunga bulan desember.

Demikianlah informasi menarik kali ini untuk mengetahui tentang tanaman bunga desember dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dalam mengobati luka tubuh secara tradisional. Terimakasih...

Tidak ada komentar untuk "Fakta Mengenai Bunga Desember Dan Manfaat Dalam Kehidupan Sehari-Hari"