Ini 9 Rahasia Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat srikaya untuk kesehatan sangatlah beragam. Beberapa jenis zat dan nutrisi yang terkandung dalam buah, daun, biji, dan batang tanaman srikaya dipercaya memberikan efek positif bagi tubuh.

Srikaya merupakan jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Produk alami yang berasal dari buah, daun dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari industri makanan, kosmetik, hingga pengobatan herba.

Buah srikaya bisa dinikmati pada bagian daging buahnya. Memiliki tekstur yang lembut membuat buah ini dikenal juga sebagai custard apple. Buah ini juga memilki rasa lezat dan manis. Bukan hanya nikmat untuk dinikmati, anda bisa menemukan berbagai manfaat buah srikaya di dalamnya bagi kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan mata, mencegah hipertensi, meningkatkan kekuatan rambut, mencegah stres dan depresi, hingga mencegah penyakit kanker. Agar lebih jelas, simak penjelasannya berikut ini, ya.

Kandungan Nutrisi Buah Srikaya

Srikaya atau annona squamosa adalah pohon kecil yang berasal dari amerika. Tanaman ini kemudian menyebar ke berbagai daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Menariknya, makan buah srikaya ini bisa dimanfaatkan langsung atau juga bisa dijadikan jus buah dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anda.

Sebanyak 100 gram (g) buah srikaya yang belum diolah (mentah) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Air : 83.4 g
  2. Energi : 63 kalori (kal)
  3. Karbohidrat : 13.9 g
  4. Protein : 1.1 g
  5. Lemak : 0.5 g
  6. Serat : 2.1 g
  7. Abu (Ash) : 1.1 g
  8. Kalsium : 127 mg
  9. Fosfor : 30 mg
  10. Zat besi : 2.7 mg
  11. Karoten : 31 mcg
  12. Thiamin : 0.08 mg
  13. Vitamin C : 28 mg

Selain nutrisi-nutrisi di atas, buah srikaya juga mengandung antioksidan yang melimpah, seperti polifenol.

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan Tubuh

Buah srikaya terbilang menjadi buah yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Anda bisa merasakan berbagai manfaat dari buah srikaya. Berikut ini manfaat buah srikaya yang perlu anda ketahui untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Srikaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis masalah pencernaan, termasuk diare.

Selain itu, kandungan zat antioksidan dan karbohidrat kompleks pada srikaya juga menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Karena mengandung cukup banyak antioksidan polifenol dan vitamin C, buah srikaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuk sakit.

3. Pencegahan Penyakit Kardiovaskular

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah tekanan darah tinggi. Efek ini diduga karena kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah srikaya.

4. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Artinya, manfaat srikaya bisa untuk mencegah kenaikan kadar gula darah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh karena itu, buah srikaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Menghilangkan Kutu Rambut Dan Ketombe

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji srikaya yang dicampur dengan minyak kelapa ampuh untuk mengatasi kutu rambut dan ketombe.

Namun, penggunaannya harus hati-hati dan tidak boleh terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata, seperti keratitis.

6. Mengurangi Resiko Kanker

Saat radikal bebas menumpuk, maka tubuh akan mudah mengalami kerusakan sel dan peradangan. Seiring waktu, hal ini meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, termasuk kanker. Untuk melawan radikal bebas, tubuh perlu mendapatkan asupan antioksidan yang cukup.

Salah satu cara untuk mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan, seperti buah srikaya.

7. Mencegah Stres Dan Depresi

Buah srikaya mengandung vitamin B6 cukup tinggi. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam penciptaan neurotransmitter, termasuk serotonin dan dopamin yang membantu mengatur suasana hati menjadi lebih baik.

Saat suasana hati dapat menjadi lebih baik, kondisi ini membuat anda mampu mengatasi dan mengelola stres menjadi lebih baik. Hal ini membuat kondisi kesehatan mental tetap optimal.

Pada lansia, kekurangan vitamin B6 juga bisa memicu risiko depresi. Jadi, pastikan anda memenuhi kebutuhan vitamin B6 agar terhindar dari stres maupun depresi.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dikenal dengan lutein. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lutein baik untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan mata, seperti kehilangan penglihatan dan katarak.

9. Meningkatkan Kekuatan Rambut

Kamu mengalami kerontokan rambut? Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi buah srikaya. Kolagen diperlukan untuk setiap bagian tubuh termasuk rambut, vitamin C yang terkandung dalam buah srikaya mampu membantu kamu memproduksi kolagen, sehingga membuat rambut menjadi lebih kuat.

Cara Mendapatkan Manfaat Srikaya Secara Maksimal

Meski kaya akan manfaat, buah srikaya juga harus dikonsumsi dengan hati-hati. Hampir seluruh bagian tanaman srikaya mengandung senyawa beracun yang disebut annonain, tetapi jumlah terbanyak terdapat pada biji dan kulitnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit parkinson. Oleh sebab itu, pastikan biji dan kulit srikaya sudah dibuang terlebih dahulu sebelum anda mengonsumsinya secara langsung.

Buah srikaya dapat dimakan segar atau tanpa diolah. Ada sekitar 50-60% bagian tumbuhan ini yang bisa dimakan. Selain dimakan mentah, buah srikaya dapat dikonsumsi dengan dicampur minyak atau dijadikan bubuk untuk obat. Bukan hanya itu, buah daging srikaya juga dapat disaring untuk membuat minuman yang lezat dan menyegarkan.

Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat srikaya di atas secara optimal, jika mengonsumsinya sebagian dari pola makan bergizi seimbang dan dibarengi gaya hidup sehat.

Dalam artikel ini dapat dipahami bahwa ada banyak manfaat buah srikaya, terutama manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan anda. Terimakasih

Tidak ada komentar untuk " Ini 9 Rahasia Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh "