Kenali 11 Manfaat Buah Pepaya Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat buah pepaya kaya akan berbagai vitamin dan enzim. Sistem kekebalan tubuh kuat, pencernaan sehat hingga mencegah diabetes.

Pepaya adalah buah yang kontroversial, sebagian orang menyukai pepaya karena rasanya yang manis dan enak, namun sebagian orang tidak menyukainya karena aromanya yang kuat.

Buah tanaman carica papaya ini asli amerika tengah dan meksiko selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak bagian lain dunia.

Pepaya berbentuk mirip buah pir dan panjangnya mencapai 20 inci atau sekitar 51 centimeter. Kulitnya berwarna hijau saat mentah dan oranye saat matang, sedangkan daging buahnya berwarna kuning, jingga atau merah.

Penjelajah italia christopher columbus pernah menyebut pepaya sebagai buah para malaikat karena kandungan gizinya begitu banyak dengan manfaat yang melimpah.

Sebelum kita membahas manfaatnya, berikut beberapa fakta-fakta menarik tentang pepaya yang belum banyak diketahui orang:

  1. Enzim papain pada pepaya dapat memecah rantai protein pada daging dan otot. Karena itu, sejak ribuan tahun yang lalu, banyak masyarakat menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.
  2. Selain daging buahnya, biji pepaya juga bisa dimakan. Rasanya seperti lada hitam sehingga beberapa negara menggunakan biji pepaya sebagai pengganti rempah.
  3. Mengkonsumsi pepaya terlalu banyak dapat menyebabkan karotenemia, yaitu kondisi di mana telapak kaki dan telapak tangan menguning. Hal ini bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.
  4. Sejauh ini, hanya ada 2 jenis pepaya, yaitu pepaya meksiko dan pepaya hawaii. Pepaya meksiko dapat memiliki berat hingga 4,5 kilogram (kg), sedangkan pepaya hawaii biasanya memiliki berat 500 gram (g).

Kandungan Buah Pepaya

Seperti buah-buahan lainnya, pepaya sangat menyehatkan jika dimakan sebagi bagian dari diet seimbang, dan karena kandungan kalorinya yang rendah, Anda bisa mengonsumsinya jika ingin menurunkan berat badan.

Berikut ini kandungan dari setiap 152 gram buah pepaya:

  • Kalori : 59
  • Karbohidrat : 15 g
  • Serat : 3g
  • Protein : 1 g
  • Vitamin C : 157% dari total vitamin C yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari.
  • Vitamin A: 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.
  • Folat (vitamin B9) : 14% dari total kebutuhan folat tubuh per hari.
  • Kalium : 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Antioksidan karotenoid
  • Enzim papain

Manfaat pepaya yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun tahukah anda bahwa pepaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

Manfaat Buah Pepaya

Dengan melimpahnya kandungan vitamin, serat dan antioksidan di dalamnya. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Buah pepaya dapat dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam yogurt, smoothie, salad, dan dibuat jus.

Kandungan nutrisinya terbukti dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang sendi, sembelit dan masih banyak lainnya. Berikut adalah daftar manfaat buah pepaya bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi yang dapat membuat Anda jatuh sakit.

Satu buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin C harian, menjadikannya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Memperbaiki Kondisi Pencernaan

Mengkonsumsi pepaya setiap hari dapat memperbaiki kondisi pencernaan karena pepaya mengandung enzim yang dikenal sebagai papain dan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Orang-orang di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar lainnya.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi formula berbahan dasar pepaya selama 40 hari menunjukkan perbaikan yang signifikan pada sembelit dan kembung.

3. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan seperti beta-karoten, yang membantu mencegah kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Pencegahan Kanker

Kandungan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid dalam buah pepaya bekerja efektif mencegah tubuh dari paparan radikal bebas. Sebuah studi yang dilakukan di harvard school menemukan bahwa kandungan beta karoten dapat membantu mencegah kanker prostat dan kanker usus besar.

Manfaat buah pepaya ini akan semakin maksimal jika dibarengi dengan minum teh hijau. Kombinasi teh hijau dan pepaya yang kaya likopen ini akan semakin optimal menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal asia pacific journal of clinical nutrition.

5. Membantu Mengurangi Stres

Buah pepaya bisa menjadi salah satu camilan sehat untuk dibawa ke kantor, apalagi saat disantap di tengah sters melanda. Kandungan vitamin C di dalamnya diketahui mampu menghilangkan stres yang memenuhi pikiran Anda seharian. Hal ini telah diungkapkan oleh para ahli dari universitas alabama bahwa sebanyak 200 mg vitamin C dapat membantu mengendalikan hormon stres pada partisipan.

6. Meredakan Nyeri Haid

Wanita yang merasakan nyeri saat haid dapat mengonsumsi pepaya untuk mengurangi rasa sakitnya. Lagi-lagi, hal ini dikarenakan enzim yang disebut papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengatur dan memperlancar aliran darah selama periode menstruasi.

7. Mencegah Radang Sendi (Arthritis)

Makan pepaya baik untuk kesehatan tulang karena memiliki sifat anti inflamasi dan vitamin C yang membantu mencegah berbagai jenis penyakit radang sendi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam annals of the rheumatic diseases menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin akan terkena radang sendi daripada mereka yang rajin mengonsumsi makanan kaya vitamin C.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pepaya sangat rendah kalori dan tinggi serat, yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, pepaya membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Serat alami di dalamnya dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya, sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

9. Baik Untuk kesehatan Kulit Dan Rambut

Pepaya sangat bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut.

Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C dalam pepaya dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit.

10. Dapat Mencegah Diabetes

Meski buah tropis ini terkenal dengan rasanya yang manis, namun buah pepaya sangat bagus untuk penderita diabetes atau mereka yang ingin mengurangi risiko menderita diabetes.

Rasa manisnya alami, dan tidak seperti buah-buahan lainnya, buah pepaya ini memiliki kandungan gula yang rendah serta kadar glukosa yang rendah.

Buah pepaya juga kaya akan nutrisi berkualitas tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

11. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kaya akan antioksidan dan fitokimia, pepaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung.

Ditambah dengan kandungan vitamin C, serat dan kalium yang dapat meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri tetap sehat.

Nah, itulah manfaat nutrisi kesehatan yang terkandung dalam buah pepaya. Konsumsi buah dan sayur secara rutin akan membuat kamu tetap sehat ya, GlooPedia. Selain rasanya yang enak, pepaya mengandung segudang nutrisi yang dapat mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

Demikian uraian kami tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan anda. Terimakasih...

Tidak ada komentar untuk "Kenali 11 Manfaat Buah Pepaya Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita"