Mengenal Tanaman Daun Intaran (Mimba) Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak jenis daun yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya untuk kesehatan. Salah satu jenis daun yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daun intaran. Meski tidak banyak dijual di pasaran, daun intaran memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Daun intaran atau daun mimba yang dalam bahasa inggris dinamakan neem tree adalah tanaman yang memiliki berjuta manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata satu pohon mimba ini dari kulit kayunya, biji, akar, bunga, dan buah bisa digunakan untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.

Sekilas Tentang Tanaman Intaran

Tanaman mimba atau intaran memiliki nama asli azadirachta indica yaitu sejenis pohon cemara yang banyak ditemukan di negara tropis seperti india, pakistan, dan indonesia. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk berbagai pengobatan trasional.

Ekstrak daun ini biasanya dikonsumsi melalui oral. Namun ada juga yang memanfaatkan ekstraknya dalam bentuk minyak, atau direbus untuk diminum airnya. Selain daunnya, kulit kayu, bunga, dan buah dari pohon ini juga umum digunakan sebagai obat.

Ekstrak mimba memiliki kandungan antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, daun ini juga dipercaya memiliki efek antimikroba sehingga dapat membantu melawan bakteri, virus, hingga jamur.

Bagian-Bagian Tanaman Intaran Dan Segudang Fungsinya

  • Daun dari tanaman intaran digunakan untuk penyakit kusta, kelainan mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan napsu makan, gejala maag, penyakit jantung, demam, sakit gusi, dan juga penyakit hati.
  • Sari dari kulit kayunya digunakan untuk membantu pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit batang tanaman intaran pada waktu tertentu setiap tahunnya dapat menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan inilah yang diminum sebagai obat penyakit lambung.
  • Bunga dari tanaman intaran ini juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan penyakit ambeien, gangguan saluran kencing, dahak, luka, dan kusta.
  • Ranting tanaman intaran digunakan untuk membantu mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak biji dari tanaman intaran juga digunakan untuk membantu penyembuhan kusta dan cacingan. Batang, akar, dan buah dari tanaman intaran ini bisa digunakan sebagai face tonic.

Kandungan Senyawa Dalam Daun Intaran

Daun intaran tidak banyak dikenal di Indonesia karena memang berasal dari tumbuhan yang sudah lama tumbuh dan dikenal di India. Senyawa yang terdapat pada daun intan adalah hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, nimbine, sitosterol, dan 6 desacetylbimbine. Tidak hanya senyawa di dalamnya, daun intaran memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai anti kanker, anti bakteri, anti virus, anti diuretik, anti jamur dan anti inflamasi. Kandungan senyawa dan aktivitas daun intaran membuatnya ideal untuk digunakan sebagai salah satu jenis dedaunan obat herbal.

Manfaat Daun Intaran Bagi Tubuh

Daun mimba atau yang dikenal dengan nama daun intaran memiliki rasa yang pahit. Namun dibalik rasa pahit daun intaran, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan daun intaran.

sebagai sayuran sehari-hari maupun sebagai obat herbal. Adapun manfaat kesehatan dari daun intaran meliputi:

  • Menambah Nafsu Makan

Seperti daun lainnya yang memiliki rasa pahit yang sering digunakan untuk menambah nafsu makan pada anak-anak, daun intaran juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan baik pada orang dewasa. Daun intaran dapat diolah menjadi beberapa jenis lalapan atau mungkin sayuran lainnya.

  • Mengatasi Disentri

Disentri paling sering disebabkan oleh bakteri shigella (shigellosis) atau amuba. Disentri adalah peradangan dan infeksi pada usus, yang mengakibatkan diare yang mengandung darah atau lendir. Untuk mengatasi diare dengan daun intaran sangatlah efektif. Dengan meminum air rebusan daun intaran yang diminum secara rutin, diare dapat disembuhkan secara bertahap.

  • Menurunkan Gula Darah

Konsumsi daun intaran setiap hari dapat membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Tak hanya menurunkan gula darah, mengonsumsi daun intaran yang tepat akan membantu menjaga gula darah tetap stabil.

  • Sebagai Antikanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh cancer biology dan therapy pada tahun 2011 menunjukkan bahwa, daun intaran memiliki aktivitas anti kanker. Penggunaan daun intaran dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga memperkuat tubuh dan mencegah masuknya sel penyebab kanker ke dalam tubuh.

  • Meredakan Penyakit Asma

Penyakit asma disebabkan oleh tersumbatnya lendir di saluran pernapasan sehingga membuat seseorang sulit bernapas. Anda dapat melakukannya dengan memulai dengan 3 tetes minyak intaran dan menambahkan satu tetes setiap minggu selama 6 bulan untuk membantu membersihkan lendir dari sistem pernapasan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Seperti daun sirih, daun intaran juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Namun, caranya berbeda dengan sirih yang digunakan pada air rebusannya untuk menjaga mata agar tetap bersih. Daun intaran harus dikeringkan dahulu kemudian dikonsumsi dalam bentuk kapsul untuk menjaga kesehatan mata.

  • Mempercepat Proses Pengeringan Luka

Daun intaran memiliki sifat antibakteri. Menggunakan daun intaran untuk menutupi luka pada kulit dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, karena kandungan dalam daun intaran dapat mencegah masuknya bakteri yang menghambat penyembuhan luka.

  • Mengatasi Penyakit Lambung

Penyakit lambung bisa terjadi karena lapisan rahim rusak dan kadar asam di lambung terlalu tinggi. Sangat mudah untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi daun intaran dinding lambung akan terjaga kesehatannya, dan kelebihan jumlah asam lambung dapat berkurang.

  • Pencegahan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke dan masalah jantung. Konsumsi daun intaran setiap hari dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Kandungan daun intaran membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

  • Pencegahan Gagal Jantung

Serangan jantung dapat terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung. Kekambuhan penyakit jantung dapat terjadi karena tekanan darah tinggi. Sebagaimana daun intaran diketahui dapat mencegah tekanan darah tinggi, maka risiko gagal jantung dapat diatasi.

  • Mengobati Eksim Pada Kulit

Eksim pada kulit dapat diatasi dengan cara mengoleskan tumbukan daun intaran pada kulit yang terkena eksim. Eksim pada kulit dapat disembuhkan dengan cara membalurkan daun intaran yang sudah ditumbuk secara rutin 2 kali sehari.

Keamanan Penggunaan Daun Intaran

Konsumsi suplemen daun intaran untuk dewasa relatif aman. Namun, penggunaannya disarankan hanya untuk jangka pendek saja. Sedangkan penggunaan pada anak-anak tidak disarankan.

Dosis sebanyak 60 mg per hari selama 10 minggu dianggap masih aman, tapi belum diketahui tentang keamanan penggunaan jangka panjangnya. Seseorang dengan gangguan autoimun seperti multiple sclerosis atau artritis rheumatoid diharuskan untuk berhati-hati dalam menggunakan suplemen herbal ini karena daun intaran dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Suplemen herbal ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani terapi litium atau imunosupresan. Penggunaan bersama dengan obat diabetes juga tidak disarankan karena tanaman ini dapat menurunkan gula darah. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan gula darah terlalu rendah.

Daun intaran memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Meski belum banyak dikenal di Indonesia, tidak ada salahnya mencoba mengatasi beberapa penyakit tersebut di atas dengan menggunakan daun Intaran.

Itulah beberapa informasi tentang tanaman daun intaran atau mimba yang bermanfaat untuk kesehatan. semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan anda. Terimakasih...

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Tanaman Daun Intaran (Mimba) Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"